Catatan Perjalanan : Sekapuk,alternatif lokasi pemotretan nan eksotis

Penulis: IwanDj
Tanggal: 2011-04-29 12:47:18


Short Link

 

     Sekapuk adalah sebuah desa di kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Sekapuk adalah salah satu desa yang mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah menggali gunung untuk dijadikan bata.

Struktur landscape lokasi desa sekapuk ini adalah perbukitan kapur yang banyak sekali mengandung bahan tambang diantaranya adalah dolomit,fosfat dan kapur yang merupakan salah satu bahan baku yang banyak digunakan dalam industri pupuk.Maka tempat ini dijadikan sebagai salah satu wilayah penambangan, baik yang dikelola secara mandiri oleh warga yang lebih banyak mengolah bukit kapur ini untuk dijadikan bata ataupun oleh perusahaan besar yang sebagian besar mengambil bahan tambang berupa dolomit ataupun fosfor.

 

     Gunung kapur sekapuk merupakan salah satu kawasan perbukitan kapur di wilayah gresik bagian utara.kawasan ini terbentang sepanjang 2 - 3 kilometer mulai dari desa sekapuk sampai desa canga'an gresik.Bukit ini awalnya adalah sebuah bukit kapur biasa,tetapi semenjak tahun 1950an,bukit ini mulai di gali,dipahat,digergaji dan oleh karena aktivitas tersebut selama bertahun-tahun,maka efek dari aktivitas penambangan itu terbentuklah goa-goa buatan yang memiliki arsitektur yang sangat eksotis.

 

     Akhirnya kami warga LM jatim ( Saya, Om papatita,Om Revo, Om Dewitono, Om Anthony & Om Orano) memutuskan untuk mengunjungi tempat tersebut pada 26 maret 2011.dengan rute dari Tol Surabaya gresik. kami keluar melalui pintu Tol manyar, selanjutnya mengikuti jalan kearah tanjung kodok, setelah melewati kecamatan sidayu atau lebih tepatnya di kilometer 32 dari arah gresik, di sebelah kanan jalan terdapat gapura atau pintu masuk desa sekapuk.selanjutnya mengikuti jalan desa tersebut dan setelah kurang lebih 2km an mulailah tampak lokasi pertambangan.waktu tempuh yang diperlukan,dari Surabaya ke lokasi, dalam kondisi lancar,kurang lebih 2 jam. Setelah menimbang berbagai hal,akhirnya kami menentukan lokasi yang menurut kami sangat cocok untuk di jadikan lokasi hunting, dan ternyata pilihan lokasi kami adalah sebuah wilayah penambangan resmi dari PT. Polowijo Gosari, yaitu sebuah perusahaan penambangan yang juga memproduksi Pupuk Dolomit dan Fosfat Alam. Untuk itu mau tidak mau kami harus mengikuti prosedur untuk bisa memotret di sebuah wilayah pertambangan sesuai standart peraturan yang berlaku,yaitu kami harus mengajukan pengajuan tertulis paling tidak 2 hari sebelum masuk ke lokasi, padahal saat itu kami sangat tidak siap dengan hal itu.Setelah melalui proses pendekatan persuasif kepada pihak perusahaan, akhirnya kami mendapat dispensasi dan pengawalan khusus dari pihak keamanan untuk bisa masuk dan memotret di wilayah pertambangan mereka. Walaupun sebenarnya kami bisa secara diam2 menyelinap masuk ke wilayah pertambangan ini dan memotret,seperti yang sudah dilakukan kebanyakan orang, tapi hal ini tidak kami lakukan dan tidak akan pernah kami lakukan, karena kami sadar bahwa memasuki wilayah pekarangan orang lain ataupun perusahaan,tanpa ijin pemilik ataupun penguasa wilayah tersebut merupakan pelanggaran hukum, Jadi demi keamanan dan kenyamanan semua pihak pada saat kami memotret, kami memilih untuk mengambil keputusan secara dewasa dan bijak,dengan mengikuti prosedur yang berlaku.

 

     Semoga catatan singkat dari saya ini bisa menambah wawasan untuk rekan-rekan LM dimanapun berada dan foto-foto dari kami bisa menjadikan sebuah inspirasi untuk selalu Tetap berkarya. Tidak lupa saya Ucapkan Terimakasih Kepada PT.Polowijo Gosari,yang sudah membuka pintu tambangnya untuk kita foto, rekan-rekan seperjalanan yang banyak memberi saya inspirasi juga makasih atas pinjaman fotonya, Lensamanual.net yang sarat dengan fasilitas untuk saya bisa terus berkarya, juga rekan-rekan pembaca atas apresiasinya. Salam manual.

 

 

free counters


   Others: